KATA
PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim
Puji syukur
al-hamdulillah kehadlirat Allah Swt. semoga kita senantiasa mendapatkan limpahan
rahmat dan ridha-Nya. Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada
Rasulullah Muhammad Saw., beserta keluarganya.
Fungsi
pendidikan agama Islam adalah membentuk manusia Indonesia yang beriman dan
bertakwa kepada Allah Swt. Serta berakhlak mulia dan mampu menjaga kedamaian
dan kerukunan hubungan inter dan antar umat beragama, dan ditujukan untuk mengembangkan
kemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai
agama, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
Untuk
merespons beragam kebutuhan masyarakat modern, seluruh elemen dan komponen
bangsa harus menyiapkan generasi masa depan yang tangguh melalui beragam usaha
yang komprehensif, seperti pendidikan.
Sebagai
ajaran yang sempurna dan fungsional, agama Islam harus diajarkan dan diamalkan
dalam kehidupan nyata melalui sistem pendidikan, sehingga akan menjamin
terciptanya kehidupan yang damai dan tenteram. Oleh karenanya, untuk
mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di Madrasah, ajaran Islam yang begitu
sempurna dan luas perlu dikemas dalam Silabus yang kemudian dijabarkan dalam
materi-materi di beberapa mata pelajaran menurut jenjangnya.
Pengemasan
ajaran Islam dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan Madrasah dikelompokkan
sebagai berikut; diajarkan mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah
Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Ilmu-ilmu Sosial, Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya, serta Madrasah Aliyah Kejuruan
(MAK) meliputi; a) Al-Qur’an-Hadis b) Akidah Akhlak c) Fikih d) Sejarah
Kebudayaan Islam. Pada jenjang Madrasah Aliyah Peminatan Ilmu-ilmu Keagamaan
dikembang-
kan kajian
khusus mata pelajaran yaitu: a) Tafsir-Ilmu Tafsir b) Hadis-Ilmu Hadis c)
Fikih-Ushul Fikih d) Ilmu Kalam dan e) Akhlak. Untuk mendukung pendalaman
kajian ilmu-ilmu keagamaan pada peminatan keagamaan, peserta didik dibekali
dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Bahasa Arab.
Sebagai
panduan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di Madrasah, Kementerian Agama RI
telah menyiapkan Silabus Pembelajaran PAI di Madrasah dan juga menerbitkan Buku
Pegangan Siswa dan Buku Pedoman Guru. Kehadiran Silabus setiap mata pelajaran
PAI dan bahasa Arab bagi guru menjadi kebutuhan pokok dalam menerapkan
Kurikulum 2013 di Madrasah.
Atas
perhatian, kepedulian, kontribusi, bantuan dan budi baik dari semua pihak yang
terlibat dalam penyusunan silabus ini, kami mengucapkan terima kasih. Jazākumullah
Khairan Kasīran.
Jakarta,
April 2014
Direktur
Jenderal Pendidikan Islam
Ttd.
Nur Syam
0 Post a Comment:
Posting Komentar